Pada Akhirnya Orang Akan Berpikir Untuk Menyelamatkan Diri Masing-Masing

Amat Susah Jadi Seseorang Perasa Sebab Ia Mempertaruhkan Banyak Hal

Mau seloyal apapun kita pada seseorang, atau seseorang pada kita. Mau sedekat apapun hubungan kita dengan orang lain. Apalagi ini masih dalam hubungan pertemanan atau sekedar kenal. Akan terasa sekali batasan. Akan terasa sekali keegoisan masing-masing. Ini akan terlihat saat kita dihadapkan pada keadaan yang mencekam. Dimana kita dihadapkan dengan keadaan yang kita harus memilih untuk menolong diri sendiri, atau menyelamatkan orang lain. Pasti kita akan berpikir untuk menyelamatkan diri sendiri. 

Pada Akhirnya Orang Akan Berpikir Untuk Menyelamatkan Diri Masing-Masing

Apalagi orang yang di sekitar kita hanyalah orang-orang yang cenderung hanya memikirkan dirinya sendiri. Mereka hanya akan memikirkan keamanan mereka, keselamatan mereka. Tentu saja, mereka pun akan berlaku yang sama. Mungkin ada yang mau menolong lainnya. Tapi itu sedikit sekali adanya. Sedikit sekali orang-orang yang mau mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan orang lain. Karena pada dasarnya orang-orang akan berpikir bagaimana cara untuk selamat dulu. Bahkan di saat seperti itu. 

Orang terdekat mereka pun bisa mereka lupakan. Dan berpikir akan diri sendiri. Itu bisa saja. Mau marah kita tidak punya hak untuk marah dan menyalahkan. Karena itu adalah pilihan setiap orang. Yang bisa kita lakukan adalah menilai, mana orang-orang yang tulus dan tidak. Mana orang-orang yang baik hatinya dan baik pikirannya. Baik imannya. Karena tidak selamanya orang yang kita lihat baik di depan, mereka juga memiliki hati yang baik. Tidak semua orang yang senyum pada kita, memang memiliki senyum tulus.

Banyak orang di dunia ini yang menggunakan topeng. Dan beragam topeng yang mereka gunakan. Sehingga kita bisa sangat tertipu olehnya. Kita bisa dibuat sangat bodoh olehnya. Orang yang terlihat baik dan bijak ternyata adalah orang yang kejam dan licik. Orang yang terlihat sangar dan menakutkan malah memiliki hati yang baik dan cinta yang tulus. Sehingga kita tidak bisa menilai orang hanya dari penampilan mereka. Tapi dari hati mereka juga. Agar kita tidak mudah tertipu akan topeng-topeng mereka.