Masalah Akan Selalu Ada Tanpa Melihat Dari Mana Dia Datang

Semakin Dekat Dengan Hari H Semakin Banyak Keraguan

Mungkin beberapa antara kalian merasa bahwa apa yang kalian alami sekarang ini adalah apa yang kalian pilih. Apa yang kalian kehendaki. Semua sudah kalian rencanakan, dan kalian menjalankan rencana kalian. Tapi apakah kalian berpikir ini bisa menjadi sebuah takdir? Apakah ini bisa menjadi sebuah rancangan Tuhan? Jadi semua ini memang sudah disiapkan untuk kita. Pun sebelum kita menjalani semua ini, Tuhan sudah tahu jalan kita, Tuhan sudah tahu apa yang kita akan lakukan apa yang akan kita pilih. Apa yang akan terjadi. 

Masalah Akan Selalu Ada Tanpa Melihat Dari Mana Dia Datang

Semua orang memiliki jalan hidup yang berbeda. Sehingga meskipun mereka berasal dari berbagai macam lingkungan dan latar belakang, semua orang memiliki masalahnya masing-masing. Mereka memiliki beban pikiran masing-masing. Bukan berarti jika orang ini lahir di keluarga yang berada, meskipun itu keluarga ratu Inggris sekalipun. Lalu mereka tidak memiliki masalah. Semua orang memiliki masalah, semua orang memiliki tantangan dan rintangan dalam hidup. Hanya caranya saja yang berbeda. Tapi untuk tingkatan kerumitan sebenarnya sama saja. Tidak ada yang lebih enak yang mana, atau mendingan yang mana. Semua sama-sama sulit dan tidak enak. 

Jadi saat kalian merasa kalian adalah orang paling sial di dunia, atau merasa kalian tidak beruntung, ada orang lain yang juga merasakan hal yang sama, bahkan mungkin lebih. Jadi jangan terlalu larut dalam kesedihan, dan menyalahkan dirimu atau keadaan atas kesedihanmu. Atau saat kalian merasa sudah memiliki segalanya, sudah memiliki banyak hal, dan sampai membuat kalian lupa diri, dan menjadi sombong. Ingat, di atas langit masih ada langit. Di atasmu masih ada banyak lagi orang yang begitu. Dan dunia berputar. Jangan sampai kesombongan itu menghancurkan semua yang anda miliki sekarang. 

Jadi kita bisa belajar juga dari orang lain, kita bisa belajar dari pengalaman orang tentang bagaimana hidup. Baik itu hidup susah atau hidup yang berkelimpahan. Ada banyak hal yang bisa kalian pelajari dari mereka. Kalian akan belajar untuk bersyukur, belajar ikhlas, belajar menerima, belajar menghadapi, belajar mempertahankan dan mengembangkan. Banyak sekali hal yang bisa kalian pelajari dari mereka semua.